KONSEP PENAWARAN
KONSEP PENAWARAN
A. Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang ataupun jasa yang
ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga pada suatu periode tertentu.
Hukum Penawaran
hukum penawaran
menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat harga suatu barang, semakin banyak
jumlah barang yang ditawarkan oleh pengusaha (ceteris paribus).
Berikut adalah fakror-faktor yang memengaruhi penawaran.
1)
Harga Barang Itu Sendiri
Dalam hukum penawaran
dikatakan, jumlah barang yang ditawarkan dipengaruhi oleh perubahan harga
barang itu sendiri. Hubungan ini bersifat positif, yaitu jika harga barang
naik, jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen bertambah. Tujuannya adalah
untuk meraih keuntungan yang lebih besar.
2)
Harga Barang Substitusi dan Komplementer
Apabila harga barang
substitusi meningkat, maka penawaran harga barang yang diamati akan turun. Hal
ini karena harga barang yang diamati menjadi relatif lebih murah dibandingkan
harga barang substitusinya. Demikian sebaliknya. Sedangkan jika harga suatu
barang komplementer meningkat, maka penawaran terhadap barang yang diamati
meningkat.
3)
Harga Faktor Produksi
Kenaikan harga faktor produksi seperti upah, bahan baku,
dan bahan penolong, akan menyebabkan produsen mengurangi hasil produksinya. Hal
ini menyebabkan penawaran menjadi berkurang.
4)
Biaya Produksi
Kenaikan harga faktor produksi akan mengakibatkan
kenaikan biaya produksi. Hal ini juga menyebabkan penawaran menjadi berkurang.
5)
Teknologi
Kemajuan teknologi dapat menyebabkan biaya produksi
menurun, sehingga dapat memproduksi barang lebih banyak. Hal ini menyebabkan
penawaran bertambah.
6)
Jumlah Produsen atau
Penjual
Semakin banyak jumlah produsen dan penjual yang
menawarkan suatu barang makan akan semakin meningkat pula penawaran barang
tersebut.
7)
Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan laba, bukan hasil
produksi. Jika perusahaan memaksimalkan laba, maka hasil produksi tidak akan
optimal. Hal ini menyebabkan penawaran berkurang.
Jika perusahaan tidak berani mengambil risiko sehingga
tetap mengoptimalkan hasil produksi, maka akan menyebabkan penawaran bertambah.
8)
Kebijakan Pemerintah
Contohnya larangan untuk mengonsumsi buah impor yang
diduga mengandung bakteri oleh pemerintah membuat konsumen beralih membeli buah
dalam negeri. Hal ini tentu saja menambah penawaran untuk buah dalam negeri.
B. Kurva penawaran
Hubungan antara jumlah
barang yang ditawarkan dengan tingkat harga dapat digambarkan dalam bentuk
kurva.
Berikut adalah daftar dan kurva penawaran.
Terlihat bahwa kurva penawaran memiliki lereng atau
kemiringan positif. Artinya, semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah yang
ingin ditawarkan. Berdasarkan kurva di atas, Anda pun dapat membuat fungsi
penawaran yang sederhana, yaitu dengan mengambil dua titik ordinat. Misalnya
pada tingkat P = 1 dan P = 2.
dimasukkan dalam
persamaan:
Jadi, fungsi
permintaannya adalah Qs = 3P
Berikut adalah pergeseran kurva penawaran.
Kenaikan penawaran pada setiap harga atau
kenaikan penawaran pada harga yang sama. Ini berarti kenaikan penawaran tidak
disebabkan oleh kenaikan harga barang bersangkutan tetapi oleh faktor lain yang
memengaruhi penawaran.
Peningkatan jumlah
barang yang ditawarkan sebagai respon atas kenaikan harga apabila dinyatakan
pada kurva penawaran akan menunjukkan pergerakan di sepanjang kurva penawaran.
Contoh: Awalnya, hanya ada beberapa produsen, utamanya
dari Yogyakarta yang memproduksi kaus plesetan tersebut, akibatnya harga kaus
plesetan menjadi mahal. Kemudian harga kaus tersebut turun seiring merebaknya
produsen kaus sejenis.
Perpindahan dari titik c ke d menunjukkan bahwa penurunan harga kaus
menyebabkan jumlah kaus yang ditawarkan oleh produsen akan berkurang. Ketika
terjadi gerakan penawaran sepanjang kurva, selalu dianggap ceteris paribus,
Komentar
Posting Komentar