TUJUAN, MANFAAT, UNSUR DAN TEKNIK KOMUNIKASI BISNIS

TUJUAN, MANFAAT, UNSUR DAN TEKNIK

KOMUNIKASI BISNIS

1.      Tujuan dan Manfaat Komunikasi Bisnis

a.       Tujuan Komunikasi Bisnis

Tujuan bisnis secara umum dibagi menjadi tiga, yaitu memberi informasi (informing), memberi persuasi (persuading), dan melakukan kolaborasi (collaborating) dengan pelanggan (audiens).

1)      Memberi Informasi (Informing). Komunikasi bisnis bertujuan memberi informasi kepada pihak lain tentang suatu hal yang berkaitan dengan dunia bisnis. Sebagai contoh, seorang pemimpin perusahaan membutuhkan pegawai yang sesuai dengan kriterianya, maka ia kemudian memasang iklan melalui media massa atau media lainnya. Bisnis, yakni perusahaan tersebut dapat memberi informasi kepada pihak lain, yaitu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Contoh lain, misalnya sebuah toserba memasang tulisan diskon besar-besaran pada produknya.

2)      Memberi Persuasi (Persuading) Komunikasi bisnis bertujuan memberi persuasi kepada pihak lain supaya apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar. Kegiatan persuasi sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan. Tujuannya supaya kedua pihak sama-sama memperoleh manfaat atau tidak ada yang merasa dirugikan.

3)      Melakukan Kolaborasi (Collaboration). Komunikasi bisnis bertujuan melakukan kolaborasi, atau kerja sama bisnis antarperorangan maupun kelompok atau organisasi. Seseorang atau perusahaan dapat melakukan kerja sama bisnis dengan mudah melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut. Kerja sama bisnis ini semakin digalakkan seiring perkembangan. teknologi komunikasi yang semakin maju. Semua orang dapat menggunakan peralatan komunikasi, seperti telepon, faksimile, surat elektronik, dan lain-lain. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam mempererat kerja sama bisnis.

b.      Manfaat Komunikasi Bisnis

Selain mempunyai tujuan, komunikasi bisnis juga mempunyai manfaat, antara lain sebagai berikut.

1)      Manfaat Internal

Manfaat internal yaitu manfaat yang dirasakan oleh komponen dalam sebuah perusahaan, yakni pegawai. Kemampuan berkomunikasi secara efektif seorang pegawai dapat menunjang karier eksekutif perusahaan. Hal-hal yang menjadi pertimbangan mempromosikan jenjang karier eksekutif antara lain sebaga berikut.

a)      Kepercayaan diri.

b)      Kemampuan bekerja keras.

c)      Kemampuan manajemen.

d)      Kemampuan mengambil keputusan yang tepat.

e)      Latar belakang akademis.

f)       Mempunyai ambisi untuk maju.

g)      Kemampuan berkomunikasi secara efektif.

h)      Berpenampilan menarik.

 

2)      Manfaat Eksternal

Komunikasi bisnis dengan pihak ketiga secara efektif akan memberi dampak baik terhadap keberhasilan usaha bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarakat. Sebagai contoh, yakni laporan dan presentasi bisnis yang disusun secara profesional dapat meningkatkan citra perusahaan. Komunikasi bisnis yang tidak efektif akan memberi dampak buruk terhadap perusahaan, seperti keluarnya biaya yang mahal, menurunnya citra perusahaan, memboroskan jam kerja, dan menjauhkan pelanggan.

 

2.      Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis mempunyai unsur-unsur antara lain sebagai berikut.

a.       Memiliki tujuan, yakni komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tujuan tersebut juga harus sejalan dengan tujuan organisasi.

b.      Pertukaran, yakni di dalam komunikasi bisnis terdapat pertukaran. Pertukaran melibatkan paling tidak dua orang atau lebih, yakni komunikator dan komu nikan.

c.       Gagasan, opini, informasi, dan instruksi merupakan isi berdasarkan pesan. Bentuk gagasan, opini, informasi, dan instruksi sangat beragam, tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.

d.      Menggunakan saluran personal atau impersonal yang bersifat tatap muka, menggunakan media eksklusif atau melalui media yang menjangkau orang banyak secara bersamaan.

b.      Menggunakan simbol atau sinyal sebagai alat atau metode yang dapat dipahami komunikan/penerima pesan.

c.       Pencapaian tujuan organisasi, yakni salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi yakni adanya tujuan yang sudah ditetapkan oleh manajemen sebelumnya.


3.      Teknik komunikasi bisnis

Didalam Teknik Komunikasi Bisnis banyak cara dapat dilakukan dalam komunikasi bisnis, antara lain:

a.       Mencetak bulletin : Diterbitkan secara teratur, yang memuat informasi tentang perusahaan tentang produk baru yang sedang dikerjakan ataupun kerangka-kerangka ilmiah / berita umum yang bermanfaat bagi masyarakat.

b.      Membuat film dokumenter : Perusahaan dapat membuat film dokumenter, misalnya menyangkut proses produksi kemudian disiarkan oleh televisi dalam bentuk berita pembangunan.

c.       Publicity : Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan, kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan , seperti sejarah berdirinya perusahaan, ide yang mendorong mengapa perusahaan ini didirikan di tempat ini, apa manfaat dari produksi ini ditinjau dari segi pembangunan bangsa, apa keunggulan produk ini dan sebagainya. Publicity ini tidak usah dibayar pemuatannya dalam kabar karena dimuatnya dalam bentuk berita.Di dalam publicity sifat komersial tidak terlalu menonjol.

d.      Promosi : Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam bisnis adalah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi berarti semua usaha yang bertujuan meningkatkan penjualan, termasuk kedalamnya personal selling, advertising, publicity dan sales promotion. Sales promotion berarti setiap usaha untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek seperti display, show, demontrasi, memberi hadiah-hadiah, mengadakan undian dan sebagainya.


Komentar

Postingan Populer